Posted by : Unknown Jumat, 03 Oktober 2014


TERCEMARNYA SUNGAI YOSOMULYO
Sejak bulan Agustus  2014 akhir-akhir ini sungai yosomulyo di kecamatan Gambiran, kabupaten Banyuwangi, kini mengalami pencemaran. Banyak sampah yang menumpuk dan membuat bau tidak sedap. Hal ini disebabkan karena banyaknya aktivitas warga seperti mencuci pakaian, memandikan binatang peliharaan, buang hajat dan aktivitas lainnya. Selain itu, warga juga membuang sampah di aliran sungai. Padahal pemerintah telah menetapkan peraturan mentri pekerjaan umum nomor 32 / PRT / M / 2007 yang berisi tentang larangan membuang sampah di sepanjang sungai.
Akibatnya, saat sungai tersebut airnya surut warga desa Yosomulyo mencium bau yang tidak sedap. Orang-orang yang melewati daerah sekitar sungai akan merasa terganggu dengan pemandangan sungai yang bertumpuk sampah dan mencium bau yang tidak sedap. Selain itu apabila musim kemarau sungai mengalami surut warga desa Yosomulyo nyaris kekurangan air untuk mengairi sawahnya karena banyaknya sampah yang menumpuk dan sedikitnya air.
Menurut informasi, rencananya bapak kepala desa pak Didik Kartika mengadakan kerja bakti untuk membersihkan sampah-sampah yang menumpuk. Bapak-bapak dan para pemuda desa Yosomulyo diwajibkan untuk bekerja bakti membersikan sungai. Akhirnya pada hari Minggu tanggal 27 September 2014 kerja bakti dilaksanakan. Bapak-bapak dan para pemuda bergotong royong untuk membersihkan sampah-sampah. Kerja bakti ini akan diadakan setiap hari Minggu hingga sungai menjadi bersih dan tidak tersumbat.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © Watashi ga dekita -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Maya Restanti